Pasangan.id – Menurut para pakar, kinerja kita, dalam bidang pekerjaan apa pun, sangat dipengaruhi oleh daya konsentrasi kita dalam bekerja.
Kemampuan berkonsentrasi itu berbeda-beda untuk setiap orang. Namun, daya konsentrasi dapat ditingkatkan. Berikut langkah-langkah untuk meningkatkan konsentrasi kerja:
1. Upgrade Skill
Tingkatkan minat dan keterampilan kerja sebagai bentuk pertahanan kita terhadap gangguan-gangguan yang akan mengalihkan perhatian dan konsentrasi kerja.
2. Siapkan Bahan dan Data
Sebelum memulai kerja, terlebih dahulu persiapkan semua bahan dan data yang akan digunakan. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan terkait efisiensi dan detail kerja.
3. Jadwal dan Prioritas
Buat jadwal dan skala prioritas kerja. Kerjakan tugas terpenting hingga selesai, baru kemudian beralih ke tugas berikutnya. Sesuaikan dengan rentang waktu yang tersedia.
4. Tata Meja Kerja
Tata meja kerja dengan rapi. Susun sarana dan bahan kerja kita agar mudah dilihat dan diambil sewaktu-waktu. Atur ruangan kerja sesuai gaya dan stylemu sendiri.
5. Atur Suasana
Atur suasana lingkungan kerja setenang mungkin. Musuh utama konsentrasi adalah suara berisik. Bebunyian tersebut bisa mengalihkan perhatian.
6. Berpikir Positif
Bepikirlah positif. Jangan merasa terpaksa dalam bekerja agar bisa bekerja dengan perasaan senang dan relaks. Berpikir positif juga sekaligus menjadi tameng agar hal-hal lain tidak menggangtu konsentrasi kerja.
7. Fokus Pada Pekerjaan
Pusatkan perhatian hanya pada pekerjaan yang sedang kita lakukan. Jangan sambil memikirkan atau mengerjakan tugas lain. Sisihkan waktu untuk ‘hal lain’ di luar jam kerja.
8. Bulatkan Tekad
Bertekadlah untuk berhasil dan menyelesaikan tugas secara tuntas. Jangan tunda-tunda pekerjaan yang seharusnya bisa dilakukan saat itu pula.
9. Kuasai ProsedurÂ
Kuasai dan hayati prosedur kerja agar kita bisa bekerja dengan lancar. Dengan menguasai prosedur kerja, prosesnya akan berjalan sesuai jadwal dan rencana awal.
10. Jaga Kesehatan
Jaga kesehatan tubuh agar selalu dalam kondisi baik. Kesehatan yang baik juga bisa mengatasi stres dalam bekerja.