Aktif Mengolah Emosi Positif, Solusi Pernikahan Bahagia

0
13
Aktif Mengolah Emosi Positif, Solusi Pernikahan Bahagia
Foto: homag.com

PASANGAN.id – Pernikahan bahagia tentu diharapkan oleh setiap pasangan. Tidak sedikit orang melakukan apapun agar nuansa bahagia itu selalu tumbuh berkembang dalam kehidupan keluarganya.

Dalam memperjuangkan kebahagiaan sebuah pernikahan, diperlukan kerja sama yang baik dengan pasangan. Hal ini tentu tidaklah mudah, namun jika benar-benar niat apapun tidak akan menjadi halangan bagi Anda dan pasangan.

Salah satu kunci dasar agar pernikahan Anda tetap bahagia adalah dengan secara aktif menjaga dan mengelola emosi positif dalam hubungan. Suzann Pileggi, penulis buku Happy Together: Using the Science of Positive Psychology to Build Love That Lasts menerangkan hal ini dengan sangat lugas.

Menurutnya, berinisiatif untuk menjaga emosi positif dalam sebuah hubungan pernikahan akan membuat hubungan selalu tampak baru. Hal dikarenakan sesuatu yang baru, emosi-emosi positif yang meningkat, level dan frekuensi secara alami tidak terjadi sebanyak di awal hubungan, seperti tahap jatuh cinta akan membuat pasangan sangat berbahagia.

Pileggi juga menjelaskan bahwa pasangan menikah yang ingin memupuk emosi positif, harus bertanya pada diri sendiri apa yang bisa mereka lakukan setiap hari, kegiatan atau tindakan apa yang dapat mereka lakukan untuk menjaga agar emosi positif tetap mengalir dalam pernikahan.

Mengutip Redbook Mag, berikut ini 9 cara sederhana dan mudah yang bisa membuat pernikahan Anda dan pasangan akan selalu berbahagia.

1. Sering lakukan foreplay

Berhubungan seks mungkin menyenangkan. Namun cobalah untuk tidak langsung pada inti. Sedikit bermain dengan melakukan foreplay akan lebih menyenangkan.

Ian Kerner, Ph.D., penulis buku Sex Recharge mengatakan bahwa penting untuk meluangkan waktu untuk pemanasan sebelum berhubungan seks. Anda dan pasangan diminta untuk tidak melewati garis saat Anda menginginkan yang lebih.

2. Masak bersama

Kegiatan memasak bersama pasangan mungkin tampak seperti pemandangan biasa dan lumrah dalam sebuah hubungan. Namun, tanpa disadari melalui hal sederhana ini hubungan Anda dengan pasangan akan semakin lengket dan bisa saling membantu di saat bersamaan.

3. Kirim pesan genit

Sesuatu yang agak bersifat cabul bisa sangat bermanfaat. Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk hal ini. Mengirimkan sedikit pesan petunjuk, misalnya soal rencana yang akan dilakukan setelah anak-anak tertidur, ini bisa membuat pasangan berharap untuk menghabiskan waktu bersama.

4. Hibernasi selama sehari

Ketika kita merasakan membutuhkan waktu berdua yang berkualitas dan tanpa gangguan, cobalh untuk mengambil cuti selama sehari. Habiskan di tempat tidur sambil bermain-main atau berhubungan intim. Apapun yang akan membawa kalian berdua lebih dekat.

5. Jauhkan perangkat teknologi

Jangan bawa perangkat teknologi ke kamar tidur saat malam hari. Tinggalkan laptop, ponsel, dan headphone di tempat yang jauh dari jangkauan, sehingga satu-satunya yang menarik perhatian hanya Anda dan pasangan.

6. Rayakan hal kecil

Saat Anda tahu pasangan mendapat pencapaian baik di tempat kerjanya, siapkan sesuatu saat mereka pulang untuk menghargai pencapaian tersebut. Bahkan hadiah kecil pun akan membuat mereka merasa istimewa.

7. Luangkan waktu sendirian

Sulit untuk memberikan cinta kepada orang lain ketika kita tidak punya banyak waktu untuk diri sendiri. Luangkan satu hari untuk bersantai. Ini bukan hal egois, ini cara untuk membahagiakan diri sendiri. Ketika Anda sendiri bahagia, maka secara tidak langsung akan membuat pasangan juga ikut berbahagia.