Aturan Wajib Sebelum Menentukan Anggaran Pernikahan
Foto: Tirto.ID

PASANGAN.id – Tidak dapat dipungkiri ada banyak perbedaan pendapat tentang bagaimana menentukan anggaran pernikahan. Untuk menentukan biaya pernikahan, Anda tidak hanya wajib melibatkan pasangan, namun juga orangtua dari kedua belah pihak.

Hal ini menjadi sangat penting mengingat pernikahan yang hendak Anda jalankan bersama pasangan merupakan tanggung jawab semua keluarga besar. Sebagai keluarga atau orang yang paling dekat dengan Anda tentu mereka sangat mengerti dan paham dengan kondisi Anda.

Oleh karena itu, selainberdikusi dengan pasangan soal hal-hal terkait anggaran pernikahan penting juga mendiskusikan segala sesuatunya dengan orangtua.

Lebih dari itu, Anda juga harus mempertimbangkan berbagai macam hal sebelum memutuskan soal besar kecilnya Anggaran pernikahan Anda.

Berikut ini adalah beberapa aturan wajib dalam menentukan anggaran pernikahan, seperti dilansir dari brides.com.

1. Keluarkan dalam jumlah yang tidak akan membuat Anda stres

Ada banyak aspek dalam menentukan anggaran pernikahan yang masih bisa dipangkas, seperti jumlah tamu, makanan, dan alkohol. Pernikahan memang sesuatu yang akan terjadi sekali seumur hidup, namun bukan berarti Anda harus menghabiskan semua uang yang selama ini disimpan.

2. Pikirkan apa yang terjadi setelah pernikahan

Sebelum menikah, Anda dan pasangan harus memutuskan anggaran itu sendiri dan acara bulan madu. Pikirkan juga tentang masa depan dalam jangka panjang, seperti liburan impian, anak, dan kapan ingin pensiun.

Dengan memikirkan hal ini dan membuat rencana sedini mungkin, Anda dan pasangan bisa memiliki kemungkinan besar untuk mengejar tujuan yang diinginkan. Sudah mencoba membicarakan hal ini dengan pasangan?

3. Jika harus berutang, tentukan nominal yang bisa Anda lunasi

Tentukan jumlah maksimum dari utang untuk menentukan anggaran penikahan, agar dapat Anda lunasi setelah pernikahan. Hal-hal seperti hadiah pernikahan juga bisa membantu menutupi hutang.

4. Hanya gunakan uang yang Anda miliki saja

Anda hanya boleh menghabiskan uang yang dimiliki, terlepas dari siapapun pihak yang membayarnya. Jika Anda merasa harus menarik yang dari kartu kredit atau rekening pensiun, ketahuilah di sini anggaran pernikahan yang diajukan sudah melebihi kemampuan.

Artikel SebelumnyaPerhatikan 7 Hal Berikut Sebelum Ke Jenjang Pernikahan
Artikel BerikutnyaMiliki 5 Tanda Ini, Bukti Anda Sudah Siap Menikah