Tanda Dia Tidak Pantas Dapat Perhatian dan Waktu Darimu
Liburan berdua - @cutnurlaila

PASANGAN.id – Ketika kamu memikirkan segala kemungkinan baik dan buruk soal pasangan saat menjalin hubungan sebenarnya tidaklah selalu keliru. Hal ini biasanya disebut overthinking atau berpikir berlebihan terhadap pasangan.

Namun, harus selalu diingat bahwa bersikap overthinking terhadap pasangan itu harus tahu batasan atau tidak terlalu berlebihan. Sebab apabila dilakukan berlebihan akan membawa hubungan kalian ke dalam situasi yang cukup sulit.

Salah satu bentuk overthinking yang sering kali terjadi dalam hubungan biasanya termotivasi akibat perasaan takut kehilangan pasangan.

Beberapa orang menganggap hal tersebut adalah wajar namun menjadi masalah ketika overthinking yang kita lakukan dibarengi dengan membuat tuduhan dan membuat cerita sendiri soal pasangan.

Baca: Alasan Mengapa Gebetan Kamu Enggan Pacaran

Cara Keluar dari Sifat Overthinking Berlebihan
Selalu ada bersamamu – @cutnurlaila

Cara Keluar dari Sifat Overthinking Berlebihan

Ketika berlaku overthinking dan sudah merasakan dampak buruknya terhadap hubungan, pasti selalu ada niat untuk berubah. Memang untuk menghentikannya itu sangat sulit, namun bukan berarti tidak bisa dihilangkan.

Supaya overthinking kamu tidak semakin berlarut-larut dan merusak hubunganmu, beberapa cara di bawah ini mungkin bisa sedikit membantumu agar bisa menjadi lebih baik.

Cara Keluar dari Sifat Overthinking Berlebihan
Nanjak yuuk – @cutnurlaila

Jangan Sampai Lewat Batas

Untuk bisa keluar dari kebiasaan yang sudah lama mengganggu dirimu dan hubunganmu, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyadarinya terlebih dahulu soal apakah overthinking-mu itu sudah kelewat batas normal atau tidak.

Cobalah untuk memikirkan efeknya terhadap diri sendiri jika itu terus dilakukan. Setiap kali kamu tahu kalau kamu lagi membuat asumsi dan berpikir negatif, carilah cara untuk mengubah pikiran itu menjadi pikiran yang positif.

Cara Keluar dari Sifat Overthinking Berlebihan
Separoh – @cutnurlaila

Kalau pikiran itu begitu mengganggumu, cari dulu bukti yang mendukung pikiran negatif itu, kalau kamu enggak bisa menemukannya, cukup biarkan pikiran itu berlalu.

Oh ya, kamu juga bisa kok, mencoba menulis jurnal dan mencoba bersikap praktis dengan menuliskan semua hasil positif dan negatifnya.

Sayangi Dirimu Sendiri

Pemikir yang berlebihan alias overthinking itu cenderung akan membuat tingkat emosimu bertambah dan akan semakin membuatmu tertekan. Hal ini tentu akan sangat menyiksamu secara berlahan-lahan.

Cara Keluar dari Sifat Overthinking Berlebihan
Guniung Gede – @cutnurlaila

Oleh karena itu, jangan biarkan dirimu terus hidup dalam ketakutan atau dilema yang terus menerus merusak ketenangan pikiranmu. Selain membuat enggak tenang, lama-lama overthinking tersebut bisa membuatmu stres dan merasa terasingkan.

Maka dari itu, jangan pendam itu sendirian, cobalah bercerita dengan orang terdekat yang mampu membuatmu lebih tenang, atau mendatangi terapis yang mampu mengatasinya.

Siapapun mungkin bisa membantumu, namun dukungan dari diri sendiri adalah yang paling bisa membuatnya berhasil. Mulailah untuk menyayangimu diri sendiri. Hanya dengan begitu, kamu bisa lebih nyaman untuk bisa menyayangi orang lain termasuk pasanganmu.

Cara Keluar dari Sifat Overthinking Berlebihan
Bersamamu bahagia – @cutnurlaila
Artikel SebelumnyaAlasan Mengapa Gebetan Kamu Enggan Pacaran
Artikel Berikutnya5 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Pasangan Selingkuh