Pentingnya Komunikasi dalam Sebuah Hubungan
Foto: Pixabay

PASANGAN.id – Komunikasi menjadi penting saat Anda menjalin sebuah hubungan dan memutuskan berkomitmen untuk hidup bersama. Terutama saat kita memilih satu orang yang kita percaya untuk membicarakan segala hal.

Mulai dari hal yang tidak disukai, hobby, pengalaman, atau goals yang ingin dicapai bersama pasangan. Tanpa komunikasi yang baik maka hubungan akan berjalan searah saja, nyatanya hubungan yang baik seharusnya berjalan dua arah.

Komunikasi membangun kontak-kontak manusia dengan menunjukkan keberadaan dirinya dan berusaha memahami kehendak, sikap dan perilaku orang lain.

Lucu rasanya jika dalam sebuah hubungan tidak adanya komunikasi. Akan tetapi nyatanya banyak pasangan yang berpisah karena kurangnya komunikasi.

Karena saling sayang saja ternyata tidak cukup. Ketika Anda memiliki pasangan, banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dicocokkan.

Jangan Menyembunyikan Kebenaran

Jika sejak awal tidak bisa jujur dan tidak dapat mengkomunikasikan perasaan dengan baik maka selamanya, Anda akan hidup dalam kebohongan dan tidak dapat mengungkapkan isi hati yang sebenarnya.

Misalnya saja Anda bertoleransi atau tidak dengan kekurangan pasangan Anda. Anda mungkin tidak suka jika pasanganmu seorang peminum.

Tetapi karena Anda berpikir bisa mengubahnya seiring berjalannya waktu jadi kamu memakluminya.

Jika tanpa komunikasi, bagaimana pasangan Anda tahu jika Anda merasa tidak nyaman dengan sikap yang diambilnya?

Maka jangan heran jika pasanganmu akan mengulangi kesalahan yang sama.

Karena Anda tidak mengkomunikasikan ketidaksukaanmu, bisa jadi pasanganmu berpikir itu hal yang wajar. Padahal jika Anda coba mengkomunikasikannya, dia mungkin akan bisa mengurangi hal tersebut.

Bahkan, kalian bisa bersama-sama saling membantu agar pasanganmu bisa keluar dari kebiasaan itu.

Bersikap Jujur

Kejujuran meski kadang pahit untuk beberapa saat, tetapi sangat berguna dalam jangka yang panjang. Sehingga ketika keterbukaan itu sudah ada, Anda tidak perlu memendam perasaan sakitmu sendiri.

Karena hal tersebut bisa berbahaya jika suatu saat alam bawah sadar Anda tidak mampu menanggungnya.

Lebih berbahaya lagi, jika Anda tidak mau jujur bisa jadi pasanganmu melakukan hal yang sama.

Hingga akhirnya kalian tertekan oleh perasaan bahwa kalian tidak saling memahami dan akhirnya berpisah. Menyeramkan, bukan?

Komunikasi sangat penting dalam menjalin satu hubungan. Ada kejujuran dalam komunikasi yang baik. Ada rasa percaya dalam komunikasi yang sehat.

Menjaga komunikasi yang sehat bukan tugas Anda saja, tapi juga dia sebagai pasanganmu. Atau bukan tugas dia saja, tetapi juga tugas Anda.

Bisa Saling Menerima

Semua hal positif maupun negatif harus dikomunikasikan. Sehingga Anda bisa tau ketika kalian sudah berkomitmen, kalian berbeda sekaligus tetap sama.

Bahwa kalian akan mulai berani menerima pandangan yang berbeda dan mulai membincangkannya bersama-sama. Maka secara otomatis kalian berdua bisa tidak takut terbuka dan saling percaya.

Anda dan pasangan harus bisa saling mengatakan ketika merasa marah, lelah, ingin menyendiri, ingin dipeluk, ingin menghabiskan waktu bersama dan lain sebagainya.

Jika kamu dan pasangan jujur maka tidak ada alasan untuk tidak percaya.

Selain itu komunikasi sangat penting karena dapat mengungkapkan apa yang menjadi beban dan keinginan Anda kepada pasangan. Ketika kalian bisa berkomunikasi dengan baik tentu bisa menghadirkan rasa aman.

Berbagi emosi itu penting. Saling mengungkapkan emosi dan perasaan sangat penting. Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan baik bersama pasangan.

Jadi, sudahkah Anda mengatakan bahwa Anda ingin dipeluk setelah seharian bekerja? atau sudahkah Anda menyapanya hari ini?

Artikel SebelumnyaJangan Takut Berkata ‘Tidak’ Pada Pasangan untuk Hal Ini
Artikel BerikutnyaBersyukur, Kunci Setia dengan Pasangan Hidup